Saturday 23 July 2016

UML (Unified Modelling Language)

Pengertian UML

   UML adalah bahasa grafis untuk mendokumentasi, menspesifikasikan, dan membangun sistem perangkat lunak. UML bukanlah :

1. Bahasa pemrograman visual, tapi bahasa pemodelan visual

2. Spesifikasi tools, tapi spesifikasi bahasa pemodelan

3. Proses, tapi yang memungkinkan proses-proses

   Model diekspresikan dalam bahasa pemodelan. Bahasa pemodelan berisi notasi, yaitu simbol-simbol yang digunakan dalam model dan aturan-aturan yang menuntun bagaimana menggunakannya.

Tujuan UML 

1. Menyediakan bahasa pemodelan visual yang ekspresif dan siap pakai. 

2. Menyediakan mekanisme perluasan dan spesialisasi untuk memperluas konsep-konsep inti. 

3. Mendukung spesifikasi independen bahasa pemrograman dan proses pengembangan tertentu. 

4. Menyediakan basis formal untuk pemahaman bahasa pemodelan .

5. Mendorong pertumbuhan pasar tools berorientasi objek .

6. Mendukung konsep-konsep pengembangan level lebih tinggi seperti komponen, kolaborasi,                 framework dan pattern.

Jenis-jenis Diagram UML

1. USECASE DIAGRAM
    žUse case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, dan bukan “bagaimana”. Sebuah use case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem.contohnya :
gambar usecase diagram toko online.

a. HIGH LEVEL USE CASE
     Menggambarkan use case dengan sangat singkat. tapi biasanya high level ini jarang digunakan dalam pembuatan diagram UML. Contohnya :

gambar high level toko online
b. EXPENDED USE CASE
Expanded use cases ditulis lebih detail dari high level use case. —Berguna untuk mendapatkan pengertian yang lebih dalam tentang suatu proses dan kebutuhan (requirements). biasanya expanded use case ini di buat sesuai usecase yang ada. contohnya :
expended usecase


2. ACTIVITY DIAGRAM
    Activity diagram atau diagram aktivitas yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat memodelkan proses-proses apa saja yang terjadi pada sistem. activity diagram ini  biasanya di buat sesuai dengan usacase atau diagram expended usecase yang ada. contohnya :

activity diagram online
3. SQUENCE DIAGRAM 
   Sequence diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menjelaskan interaksi objek yang berdasarkan urutan waktu, sequence diagram juga dapat menggambarkan urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu seperti pada use case diagram. contohnya :
Squence diagram toko online
4. CLASS DIAGRAM 
    Class diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun pakaet-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunakan. Jadi diagram ini dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut. contohnya :
class diagram toko online
5. STATEMACHINE DIAGRAM
   Statemachine diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan transisi maupun perubahan keadaan suatu objek pada sistem.

6. COMMUNICATION DIAGRAM
  Communication diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang dapat menggamabarkan tahapan terjadinya suatu aktivitas dan diagram ini juga menggambarkan interaksi antara objek yang ada pada sistem. Hampir sama seperti sequence diagram akan tetapi communication diagram lebih menekankan kepada peranan masing-masing objek pada sistem.

7. DEPLOYMENT DIAGRAM
    Deployment diagram yaitu salah satu diagram pada UML yang menunjukan tata letak suatu sistem secara fisik, dapat juga dikatakan untuk menampilkan bagian-bagian softwere yang terdapat pada hardwere dan digunakan untuk menerapkan suatu sistem dan hubungan antara komponen hardwere. Jadi Deployment diagram intinya untuk menunjukan letak softwere pada hardwere yang digunakan sistem.

8. COMPONENT DIAGRAM
   Component diagram yaitu salah satu jenis diagram pada UML yang menggambarkan softwere pada suatu sistem. Component diagram merupakan penerapan softwere dari satu ataupun lebih class, dan biasanya berupa file data atau .exe, source kode, table, dokumen dsb.

  Itulah beberapa jenis-jenis dari UML diagram. semoga artikel ini bermanfaat bagi yang mempunyai tugas membuat UML Diagram. 

0 komentar:

Post a Comment

semoga blog ini bermanfaat bagi anda

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net