Friday 5 June 2015

PENGERTIAN QUEUE DALAM BAHASA C++

Definisi dari QUEUE
    Antrean atau queue adalah  operasi penyisipan (insertion) hanya diperbolehkan pada salah satu sisi, yang disebut sisi belakang (REAR), dan operasi penghapusan (deletion) hanya diperbolehkan pada sisi lainnya, yang disebut sisi depan (FRONT), dari list. pada  antrian prinsip yang digunakan adalah FIFO (Fist In Fist Out) yang aartinya Elemen yang pertama masuk ke antrian akan keluar pertama kalinya .  Sebagai contoh , antrean (X1, X2, X3,...,XN). Kita notasikan bagian depan dari antrean X sebagai FRONT(X) dan bagian belakang sebagai REAR(X). Jadi untuk antrean X = [X1, X2, X3 …, XN] :
FRONT(X) = X1 dan REAR(X) = XN
Kita menggunakan notasi NOEL(X) untuk menyatakan jumlah elemen di dalam antrean X. NOEL(X) mempunyai harga integer. Untuk antrean X = [X1,X2,X3…, XN], maka NOEL(X) = N.
Deklarasi Queue :


Operasi-operasi dalam queue :
1. Create() adalah untuk menciptakan atau menginisialisasikan queue dengan cara membuat Head dan Trail : -1. Contoh liat pada gambar di bawah.



2. IsEmpty() Untuk memeriksa apakah Antrian sudah penuh atau belum Dengan cara memeriksa nilai Tail, jika Tail = -1 maka empty Kita tidak memeriksa Head, karena Head adalah tanda untuk kepala antrian (elemen pertama dalam antrian). Silahkan liah contohnya di bawah ini.:



3. IsFull Untuk mengecek apakah Antrian sudah penuh atau belum Dengan cara mengecek nilai Tail, jika Tail >= MAX-1 (karena MAX-1 adalah batas elemen array pada C) berarti sudah penuh. Contoh liat pada gambar di bawah :




4.  Enqueue Untuk menambahkan elemen ke dalam Antrian, penambahan akan dilakukan pada elemen  paling belakang. Penambahan elemen selalu menggerakan variabel Tail dengan cara increment counter Tail terlebih dahulu. Contonya :



5. Dequeue() berfungsi untuk menghapus elemen di depan atau pertama (head) dari Antrian Dengan menggeser semua elemen antrian kedepan dan mengurangi Tail dengan 1 Penggeseran dilakukan dengan menggunakan looping. Contonya :



6.  Clear() digunakan Untuk penghapusan pada elemen-elemen Antrian dengan membuat Tail dan Head = -1. Penghapusan elemen-elemen Antrian sebenarnya tidak menghapus arraynya, namun hanya mengeset indeks pengaksesan-nya ke nilai -1 sehingga elemen-elemen Antrian tidak lagi terbaca. Contohnya :


7. Tampil() digunakan Untuk menampilkan nilai dari elemen antrian menggunakan looping dari head sampai dengan tail. Contohnya :




contoh programnya 

tampilan program 

Sumber
Cepat dan Mahir belajar pemrograman C++ Frieyadie, S.Kom

0 komentar:

Post a Comment

semoga blog ini bermanfaat bagi anda

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net